Search This Blog

Sunday, October 23, 2016

Kampung Apung, Balikpapan

Taken with Nikon Coolpix S9900.
Friday, 21th October 2016.
Location : Kampung Apung, Balikpapan.

Google Maps
It's been a while. I might post more photographs later, i almost forget my bucket list hehe. But i'm back! So we went to Kampung Apung on Friday, without any plan before. I just ride my motorcycle 'til we get there. The view is great when sunset. I'm sorry i just explore Balikpapan now. Actually, i really want to capture more, but i just got these so far, i am happy. 


Contrast -8, Brightness -15

In Indonesia, it's called Kesusupan. I guess.
Contrast -5, Brightness -10

Before get there, i captured these (Melawai). 

 



We ended the day at Pertamina Helipad, one of very favorite spot in the city.


Wednesday, October 19, 2016

Kerja Lagi

Jadi, setengah tahun terakhir, mungkin hampir setahun, saya mutusin nggak bekerja untuk orang lain lagi. (Dalam hal ini, perusahaan). Memilih untuk membuka usaha dengan dana pribadi dan bantuan dana dari kerabat, yang ternyata kurang efektif. Saya nggak mau ambil resiko terlalu tinggi untuk mengadakan pinjaman dari bank. Jadi, saat ini usaha yang masih dalam prosesnya itu harus tertunda tapi sedikit sedikit tetap dijalankan. Akhirnya, saya mutusin untuk kerja lagi. Tapi tetap memilih yang terbaik buat saya. Esensi dari kehidupan, bagi saya itu kebahagiaan. Kebebasan waktu, kebebasan berbagi adalah bagian dari bahagia. Saya ingin coba menjalani hidup saya dengan apa yang saya percayai, saya bisa. Sebagian orang mungkin masih menganggap bahwa pekerjaan, jabatan, dan perusahaan yang bonafit menentukan kebahagiaan ? Merasa hebat ? Mungkin ya bagi yang passionnya disana. Tapi tidak berlaku di saya. Passion memang bisa dibangun, tapi saya tidak bisa berlama lama menjadi karyawan. Saya tidak dapat rasa kehidupan. Saya harus bangun pagi, rutinitas membosankan, dan tidak bisa membuat waktu sendiri lebih banyak. Jika itu memang kebahagiaan sebagian orang, saya salut. (Tapi kenyataamnya lebih banyak yang mengeluh dan ingin berhenti kerja). Ada juga yang mau tidak mau harus tetap seperti itu, karena kemungkinan untuk pindah atau berhenti sangat beresiko. 2012 saya mulai kerja, di bagian Accounting Receivable. Berlanjut ke perusahaan lainnya. Keluarga bangga, pasti. Tapi semakin lama, saya tidak menemukan rasa lagi. Jangka waktu saya kerja nggak lama. 3 bulan, 1 bulan, 5 hari, ada yang setengah hari saja. Saya nggah betah. Dari semua pekerjaan singkat-singkat itu, pekerjaan terakhir di bulan Oktober 2015 adalah yang paling saya senangi. Jadi posisi saya sebagai operator komputer. Ditempatkan di gudang arsip PT Pertamina. Rekan kerja oke, seumuran semua, tapi sayang masa kontrak pendek. Tekanan dari atasan juga kecil. Dibandingkan dengan tekanan yang didapat saat ngga kerja dan selama di gudang, kurang lebih sama. Memang, waktu nggak kerja dimana mana dipandang nggak normal dan tidak menghasilkan apa apa. Tapi orang orang pada dasarnya nggak akan pernah tau tujuan dan misi kita, jadi kadang pandangan orang yang kebanyakan 'wajar' itu nggak papa. Dibiarkan saja. 


Walaupun pada akhirnya saya harus kerja lagi, saya sekarang sudah terbiasa dan sudah tau mana yang tepat untuk saya. Mana yang terbaik, mana yang tidak terlalu merugikan. Dari gaji dan waktu yang dikorbankan. Ini bagian penting, waktu saya meminta saran dari teman (yang sudah lama kenal saya), dia bantu mengingatkan apa yang saya mau dan bantu mengarahkan apa yang harusnya saya lakukan dalam beberapa tahun kedepan, dan apakah hasilnya akan sesuai. Kalau nggak sesuai, jangan lakukan. All in it. All or nothing. 
"Lakukan semua atau tidak sama sekali."
Sekarang sudah masuk bulan ke 10 saya dirumah. Kegiatan semakin sedikit, sekarang saya hanya mengajar les privat gitar. Selebihnya, pekerjaan yang 'belum' menghasilkan uang. But i believe in it. Begini saja, saya sudah bahagia. Tapi untuk membantu keluarga dengan lebih lagi, harus ada yang dikorbankan. Saat ini saya masih nunggu panggilan kerja. Salah satu pekerjaan yang paling memungkinkan saya untuk belajar hal baru dengan sedikit tingkat stress. Dan ini yang paling mudah saya masuki. Wish me luck this time. Dan semoga kalian juga menemukan bahagia kalian di pekerjaan apapun yang kalian sedang jalani. All of it. Saya tetap lebih suka berdagang. It's fun, makes me feel alive. I'll keep run my business, but work again (first). Tunggu saja kabar baiknya. Thanks!

Friday, October 7, 2016

THE EYE - INFINITE (Chord)



IN STYLE OF iPlay Entertainment

Intro :
                           G            A
da kkeutnassda da ijeossda
                    D         Bm
ijeya neoreul jiunda
                           G                                 A
cham gireossdeon cham himdeureossdeon
               Em                F#
ibyeolgwa ibyeolhanda

                          G                      D
da geuchyeossda da meojeossda
                G             D       
ijeya bicci naerinda
             F#m                   Bm
taepung gatdeon bibarami
          Em                   A
ijeya kkeutnassneunde

                     G          D
neoui gieogi chueogi
                F#              Bm
dasi nareul hwigama
                          G
hanbalman gado nan
          D               Em       F#
ontong neoro tto jeojjanha
                 G               A
negeseo tteonaon gosi
                         D                 Bm
domangchyeo dallyeoon gosi
                  A                      Bm
neoui gieok sok jungsimiran geol
           C                     D
ije kkaedatneunda


                              D           
kkeutnaeji moshan ibyeol dwi
                             G
ibyeolgwa ibyeol
                             D                          G
naege namgyeojin inyeongwa inyeon

neoreul beoseonaryeo haedo
meolli domangchiryeo haedo
tto hwipsseullyeo negero

kkeutnaji moshan ibyeol dwi
ibyeolgwa ibyeol
naege namgyeojin miryeonhan miryeon
neol ijji moshae jiuji moshae
nune dameun joero
ne nun soge gathin na
gathin na

itorok neoneun areumdawossda
geutorok urin haengbokhaesseossda
neoui gieok sogeseo
gieogui bit sogeseo
nan sal su isseul geosman gateunde

tto banbokhaenael jasini eopseo
neol tdulhgo nagal jasini eopseo
ne sajin soge nan
geu nun soge bichin nan
yeojeonhi naneun ulgo issjanha

neoui geu nuni eolguri
dasi nareul hwigama
changsalcheoreom neon biro naeryeowa
nae mameul datneunda

kkeutnaeji moshan ibyeol dwi
ibyeolgwa ibyeol
naege namgyeojin inyeongwa inyeon
neoreul beoseonaryeo haedo
meolli domangchiryeo haedo
tto hwipsseullyeo negero

kkeutnaji moshan ibyeol dwi
ibyeolgwa ibyeol
naege namgyeojin miryeonhan miryeon
neol ijji moshae jiuji moshae
nune dameun joero
ne nun soge gathin na
gathin na

Tuesday, October 4, 2016

alat recording murah 2016

This time, i want to tell you guys what's my current recording stuff. I've been waiting for so long, to have these stuff, don't want to show off, but it might help you guys.. if you wondering what instrument or tools that i use. Jujur, lumayan lama waktunya untuk dapetin ini dan itu. Karna ini kayak niat banget ya soalnya walaupun tergolong stuff yang low budget tapi mungkin bagi sebagian besar orang masih menilai alat-alat ini tuh mahal. Jadi, buat yang belum jelas apa aja yang diperlukan untuk home recording itu bisa di liat di postingan saya sebelumnya DISINI.

  • Microphone Stand. Jadi, tahun 2012 itu saya udah mulai iseng cover-cover lagu dan upload ke Youtube. Awalnya hanya gunain handphone, waktu itu Samsung Young Duos yang layarnya super mungil. Dulu udah paling bagus tuh, di kira orang saya pake condenser mic. Sebelum mulai cover pake handphone, terlebih dahulu saya beli mic stand. Merk china gitu, saya beli di Jeremy Music (kalo nggak salah), itu tokonya di plaza Kebun Sayur, Balikpapan. Harganya Rp 150.000. Kalau mau bikin mic stand sendiri bisa liat DISINI
  • Pop Filter. Pop filternya bikin sendiri. Beli ram sulam yang diameternya paling kecil itu mungkin sekitar 5 sampe 10 ribuan. Bisa yang kayu atau yang plastik, bebas tergantung selera. Terus ntar untuk filternya bisa pake stocking 2 lapis atau busa speaker yang tipis biar bisa di jepit di ramnya. Terus untuk peyangganya gunain pipa shower. Gambar jadinya gini.

DIY pop filter

Favorite!

  • Focusrite Scarlett Solo. Ini belinya di Toko Distorsi via tokopedia. Harganya sekitar 1,4 waktu itu. Highly recommended karena banyak juga di pake sama yang professional. Ini inputnya ada 2, 1 untuk microphone, 1 untuk instrument. Kalo saya pake untuk gitar. 
  • Samson Q7. Ini belinya sama agan di OLX. Masih mulus, harga nya 300 ribu. Kalo barunya di Bhinneka.com sekitar 400-500an. Samson Q7 ini mic dynamic, bisa dipake live sama recording. Tapi di paket pembelian belum ada kabel nya, sama seperti Shure SM58. Tapi jangan bingung, dateng aja ke toko musik terdekat untuk beli kabelnya sesuai kebutuhan. Nah waktu itu saya sempat salah beli dulu micnya. Saya beli mic merk J-acoustic, miripannya sennheiser kalo nggak salah. Harganya 250 ribu, bagus untuk live tapi kalo di pake rekaman noisenya lumayan. 
  • Kabel mic XLR. Ini belinya di Galeri Musik, Balikpapan. Waktu itu stoknya habis, jadi harus dirakit dulu. Jacknya yang XLR sepasang 40 ribu, terus kabelnya saya beli 5 meter. Terus total sama jacknya sekitar 155 ribu gitu. Kabelnya noiseless, udah bagus banget. Hasilnya bisa diliat DISINI
  • Headset. Masih pake headset biasa, merk Phillips. Ini lumayan guys, murah tapi recommended. Untuk monitoring ke interface, saya juga beli converternya, harganya Rp 19.000. Di balikpapan ada, cuma pas di coba ke interface, nggak ada bunyi nya, harganya sekitar 3 ribuan. Headsetnya beli di Mataharimall.com, converternya beli di Lazada.id

Nah, that's all. Untuk instrumen saya cuma gunakan gitar akustik Cort AF510E. Good price, good quality, walaupun pickupnya bukan Fishman tapi recommended untuk low end guitar. Harganya pas beli 2,3 juta.. padahal besoknya di Gramedia langsung ready stock + discount 20%. Huhu, but it's okay. Kalo laptop pake yang spek biasa saja, Asus X200MA, harganya dulu 3,2 juta. Kalau video dari dulu saya gonta ganti kamera. Dari kamera digital Canon SX210 IS, Nikon P510, Samsung WB150F, pake kamera handphone juga pernah, sekarang saya pake Xiaomi Redmi 3, terus kalo kamera sekarang pake Nikon S9900, harganya sekarang 4,3 juta. Btw, Nikon S9900 masuk ke daftar the best tilting/swivel LCD camera 2016! Highly recommended buat youtubers atau vloggers. Reviewnya bisa diliat DISINI. Pembelian bisa ke SINI. Camera stand saya pakai dua jenis. Gurita pod sama tripod. Kalo tripod udah lama punya, Gorilla pod bisa beli di Tokocamzone via Lazada.

Saturday, October 1, 2016

AFGAN - Jalan Terus Chord


Intro :
F Gm Bb 
F Gm Bb

Bb                                    F
Banyak yang tak merestui
Bb                       F
Cinta kita berdua

Bb                    F
Kita jalani saja

         Dm       C             Bb
Semua Kita yang punya

            Dm       C         Bb
Jangan perduli mereka

C                    Bb                 F
Kita yang punya mimpi ini

 C                                Bb         C
Jangan lepaskan diriku sendiri

      F      Gm     Bb
Kita jalan terus

       F     Gm     Bb
Entah apa nanti

                         Dm        C       Bb
Jangan berhenti percaya cinta

                      Dm       C      Bb
Jangan berlari dari cinta

                    Dm
Kita yang tahu

                Bb                   F
Kita yang punya cinta
        F

Cinta


Banyak yang tak merestui
Cinta kita berdua
Kita jalani saja
Semua Kita yang punya
Jangan berhenti mencintaiku

Pertahankanku
Jangan lepaskan diriku

Kita jalan terus
Entah apa nanti
Jangan berhenti percaya cinta
Jangan berlari dari cinta

Kita jalan terus
Entah apa nanti
Jangan berhenti percaya cinta
Jangan berlari dari cinta

Kita jalan terus
Pertahankan cinta ini