Thursday, February 27, 2014

Perkenalan : Balikpapan Little Daypacker

Kali ini saya mau perkenalan sama kegiatan baru yang bakalan saya lakukan at least untuk sedikit demi sedikit memulai hobby baru saya, travelling. Sebenernya kata "daypacker" itu muncul saat saya browsing2 soal backpack, rucksack, dan daypack itu sendiri. Penasaran sama ukuran rucksack, jadilah saya ketemu sama daypack (day pack) yang ukurannya kayak tas ransel sekolah anak SMA (kurang lebih). Awalnya penasaran dan akhirnya muncul ide buat daypacking Balikpapan. Tapi karna ukuran normal daypack yang lumayan besar untuk jalan-jalan satu hari, jadinya saya pilih yang lebih kecil atau little daypack contohnya tas selempang kecil yang muat buat kamera, dompet, dan buku catatan aja. Walaupun saya sebenarnya sudah punya daypack yang ukuran 25 L, tapi mungkin tas ini lebih cocok untuk perjalanan luar kota atau ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapore atau Brunei Darussalam. 


Tujuan saya 1 day travelling ini untuk mengeksplor keindahan kota Balikpapan dan mendatangi tempat2 unik tapi punya pesona yang bagus untuk di abadikan dengan kamera saya (aslinya sih kamera punya mama) hihi. Lalu, juga untuk memulai  belajar atau merasakan sendiri gimana rasanya travelling, merasakan dan berbagi tentang keindahan wisata di Balikpapan terus juga tau gimana sih cara dan rasanya travelling yang sederhana dengan budget yang minim bahkan gratis. 

Nantinya rangkaian Balikpapan Little Daypacker bakalan dicantumkan informasi tempat dan foto-foto terus juga sedikit explanationnya dalam 2 bahasa (Indonesia & English). 

Nah, pengenalan dan rencana udah. Terus apa aja sih yang bakalan saya siapkan dan saya bawa selain kamera (punya mamah :D) buku catatan dan dompet ? Ini lebih mempersingkat :

Day Packing
1 tracker bag (mini bag)
2 travellous
3 cermin (mirror)
4 dompet (wallet)
5 mini journal (buku catatan kecil)
6 pen
7 eyeglasses, sunglasses
8 perfume, lip tint, concealer

Mungkin agak ngga nyambung ya bawa buku travellous karna itu kan buku catatan perjalanan ke Eropa, tapi sejak beli, itu buku pasti saya bawa didalam tas. Yang lainnya juga sudah kebiasaan ada dalam tas tapi ngga jarang juga pergi tanpa bawa apa2 selain uang sama hp.

Daypacking atau jalan-jalan sehari ala saya ini untuk masalah tas atau bawaan terserah sama orang yang melakukan karna kan keperluan setiap orang beda-beda, jadi bebas :P Dan juga ini hanya travelling ringan, kalau mau liat contoh bawaan day pack yang lebih "serius" coba liat ini : Check It Out List (Day Pack)

Dari semua rencana diatas sebenernya hanya dilatar belakangi sama 1 hal yang saya temuin di salah 1 buku travel guide di Gramedia. Ada penulis/backpacker asing yang menulis rangkaian perjalanannya dan saya kaget karena Balikpapan juga ada dalam daftar kota yang pernah di singgahi. Jadi intinya memperkenalkan Balikpapan kepada dunia (beraaat nih!) Simplenya saya pengen punya album foto, catatan perjalanan dan kehidupan saya di kota tempat tinggal saya sekarang, Balikpapan.

No comments:

Post a Comment