Search This Blog

Tuesday, June 18, 2013

Late task

Ada sedikit ringkasan tugas mata kuliah pemasaran =D It's so late and I just send my task :| So late x_X This is the thing.



Muhammad SAW Sebagai Pemimpin Bisnis & Enterpreneurship

1.       Baca dan pahami artikel terlampir tenang Muhammad sebagai Pemimpin Bisnis dan Enterprneurship.
2.       Buatkan ringkasan nya yang antara lain berisi :
a.       Perjalanan Hidup Muhammad SAW dari kecil hingga menjadi pebisnis sukses.
Pendahuluan
Nabi Muhammad SAW telah mulai merintis karir dagangnya ketika berusia 12 tahun. Beliau memulai usahanya sendiri ketika berumur 17 tahun. Pekerjaan tersebut terus dilakukan sampai beliau menerima wahyu, berusia sekitar 37 tahun. 


http://1.bp.blogspot.com/_cp_-sAUQhow/SbXdw9N-YxI/AAAAAAAAAWM/Pe_Mlh2Mt7k/s400/buku+Muhammad+SAW+the+super+leader+and+super+Manager.jpg 


Masa Kecil Membentuk Jiwa Wirausaha
Nabi Muhammad merupakan figur yang tepat dijadikan sebagai teladan dalam bisnis dan perilaku ekonomi yang baik. Beliau tidak hanya memberikan tuntunan dan pengarahan tentang  bagaimana kegiatan ekonomi dilaksanakan, tetapi beliau mengalami sendiri menjadi seorang pengelola bisnis/wirausaha. Kewirausahaan adalah hasil dari sebuah proses panjang dan dimulai sejak beliau masih kecil. Hal ini sesuai dengan penelitian oleh Collin dan Moores (1964) dan Zaleznik (1976) yang berkesimpulan bahwa "The act of enterpreneurship is an act patterned after modes of copng with early childhood experience".

Perjalanan Dagang Muhammad SAW
Karir bisnis Nabi Muhammad SAW dimulai ketika beliau ikut pamannya berdagang ke Syria. Sejak itu, Nabi Muhammad SAW melakukan magang. Menjelang dewasa, beliau memutuskan perdagangan sebagai karirnya. Pikiran itu muncul setelah beliau sadar akan kondisi ekonomi pamannya dan beliau ingin membantu meringankan beban pamannya berdagang. Ketika mulai karirnya, beliau berdagang kecil-kecilan dikota Makkah. Sampai akhirnya beliau menerima modal dari investor dan para janda kaya dan lainnya. Kemudian beliau mendapatkan keuntungan yang sangat banyak di Syria. Salah seorang pemilik modal bernama Khadijah yang menawarkan kemitraan  dan menjalankan bisnis bersama. Lebih kurang 28 tahun lamanya Rasulullah menjalankan usaha dagang tersebut. Wilayah perdagangannya meliputi Yaman, Syria, Busra, Iraq, Yordania, dll. Setelah menikah, Rasulullah tetap menjalankan usaha dagangnya sebagai manajer sekaligus mitra kerja dalam usaha istrinya.

Periode
Usia
Durasi
Masa kecil
0-12
12 tahun
Berdagang
12-37
25 tahun
Berkontemplasi & Refleksi
37-40
3 tahun
Masa Kerasulan
40-63
23 tahun

Tabel Periode Enterpreneurship dan Kerasulan

b.      Prinsip dan Etika Muhammad SAW didalam berbisnis
                Nabi Muhammad SAW menerapkan prinsip transparasi, kejujuran, keadilan, dan amanah dalam berbisnis. Uang bukanlah modal utama dalam berbisnis, melainkan adalah membangun kepercayaan dan dapat dipercaya. Beliau juga selalu menjaga nilai kejujuran dengan kecerdikan (fathonah). Strategi atau prinsip-prinsip yang dimiliki Rasulullah merupakan refleksi dari 4 sifat utama beliau yaitu Siddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah.

Tyas R. Alfisa
Finance & Sharia Banking 2