Search This Blog

Sunday, July 13, 2014

Masker Garam



Masker Garam source google
Saya sangat bermasalah sama komedo di wajah. Tipe kulit wajah saya berminyak, tapi sekarang jerawat munculnya kadang2 aja. Dulu waktu SMA pernah pake cream ngga tau namanya apa, ada 2 cream. Cream siang & malam. Dan rasanya itu pedih banget karena pake alkohol juga. Pernah waktu upacara (di sekolah saya ada Apel pagi yang dilakukan setiap hari, meh -_-) dan waktu itu cuaca lagi panas, muka saya rasanya panas kayak tebakar gitu. Akhirnya saya ijin ke luar dari lapangan. Karna ngga tahan dan harus di kompres susu beruang, sedangkan bear brandnya ada dirumah, jadi saya ijin pulang pagi itu juga. Mungkin emang ngga boleh kena panas kali ya.

Pernah juga pake rangkaian produk yang lain, tapi saya mah ngga kayak orang2 yang rutin bersihin muka apalagi maskeran atau peeling. Tapi makin kesini jadi banyak tau karna baca2, blog walking, dsb. Saya udah punya sunblock setelah sekian lama ngga pake pelindung apa2 dari sinar UV. Saya beli Skin Aqua Moisture Milk SPF 50 di Hypermart. Harganya Rp 40.000, beda sedikit aja sama varian lain.

Terus untuk ngatasin komedo yang membandel saya coba browsing dan dapat cara yang gampang. Saya pernah maskeran pake tomat (waktu kuliah semester 1) pernah juga pake ampas teh, dan sekarang pake garam. Garam itu banyak gunanya ternyata. Bisa buat scrub, masker, obat kumur-kumur, dsb. Karna penasaran saya coba aja, iseng2.

Caranya :
1. Uapkan air wajah ke air hangat untuk membuka pori-pori
2. Kalau perlu di usapkan ke wajah tuh air hangatnya
3. Terus jangan di lap dulu, langsung baurkan garam merata ke wajah
4. Tunggu dan biarkan selama 15-30 menit
(Bisa juga dicampur minyak zaitun supaya lebih mudah saat memulasnya)
5. Gosok atau pulaskan dengan gerakan memutar
6. Cuci muka dengan sabun muka, bilas pake air hangat, lap, dinginkan
7. Terus kompres pake air dingin untuk menutup pori-pori
8. Sehabis itu bisa pake krim atau pelembab atau bisa juga Natur-E

Ada sensasi sedikit gatal saat pake masker garam, sehabis dibilas juga timbul bercak merah. Mungkin karna saya terlalu semangat menggosok muka saya =D tapi merah2nya itu ngga sakit kok, didiamkan sebentar sampe dingin lagi dan selesai, merah2nya hilang. Hasilnya, saya ngerasa ngga ada komedo lagi. Kulit jadi lembut, bersih. 

Semoga bermanfaat ya, have a nice day ^^