Saturday, August 30, 2014

Old Books Took Apart



Sabtu sore ini, saya kehabisan bacaan. Saya liat di rak buku semuanya sudah dibaca walaupun ada yang belum selesai. Terus ngga sengaja saya mau bongkar isi kotak di ujung kamar, tempat buku-buku lama, buku kuliah dulu saya simpan.  Oh ya, saya lulus bulan November 2013 kemarin. 


Honestly I feel so sad to open that box. Sedih karna satupun ngga ingat apa yang sudah di pelajari kecuali buku Bahasa Inggris sama TOEIC.


Sisanya Economics, Banking, Financial, Business Mathematics, oh- I can’t imagine it. Mungkin ini semacam pengakuan-penyesalan. Tapi saya bener2 ngga habis pikir bisa sedih gini waktu buka kotak itu.


Oh ada satu mata kuliah yang selalu saya cintai, saya sukai. Mata kuliah Pengembangan Kepribadian yang baru ada diajarkan di semester 4, masa-masa dimana saya semakin yakin bahwa keputusan saya masuk jurusan ini kurang tepat. Di matkul ini, saya dapat banyak tamparan. Saya jadi tau betapa pentingnya passion didalam hidup, saya tertarik dengan mata kuliah ini, also the lecturer, Pak Syamsul Arifin, saya merasa beruntung. Begitu juga dosen2 lain kecuali yang ngga pernah sama sekali mengobrol dengan saya, :/


Saya sangat antusias dan selalu antusias saat pak Syamsul mengajar di kelas. Walaupun sebenernya saya lebih suka kalau kelas sedikit ribut, nggak tegang. Saya jadi tau pentingnya passion, bakat, minat dalam hidup baik bekerja atau dalam hal lainnya. Saya tau bahwa kita kadang harus melanggar peraturan jika ingin mendapatkan sesuatu dan berhasil.




Pernah pak Syamsul memberikan tantangan peraturannya kita harus menghubungkan 9 titik dengan satu tarikan garis tanpa terputus. Saya juga dikasih kesempatan buat maju kedepan kelas dan coba hubungkan ke-9 titik dipapan tulis, tapi nggak berhasil begitu juga yang lain. Selalu terputus dan membuat saya harus membuat garis ke2. Karena ngga ada yang bisa menghubungkan semua titik, jadi pak Syamsul lah yang nunjukin gimana caranya.






Dari sini sudah kelihatan, padahal tingkat imajinasi saya sering ngga masuk akal tapi untuk yang satu ini, saya ngga bisa membayangkan. Disini saya sadar, saya terlalu lama berkutat dengan angka2, padahal saya suka berimajinasi, soal hitung2an ngga bisa di bayangkan. Well, saya emang kurang pandai bercerita. Saya suka mengamati, membaca, menggambar, main musik, saya kurang terlatih bercerita. Jadi mungkin ini masih belum seberapa.
 

Well, penyesalan saya justru bukan pada akhir tapi ada di pertengahan. Sekitar semester 2, saya nakal dan coba untuk cari kerja. Sampai akhirnya senior saya merekomendasikan saya untuk kerja di kantor tempat dia juga kerja. Dan itulah tahun pertama saya kerja (2012) saya sebagai Accounting Receivable officer. Tapi saya tetap lanjut kuliah dengan persentasi kehadiran menurun karna kecape'an kerja dan waktu kuliah sangat mepet.

I just realize about that in second year. I was a sophomore at that moment. I wanted to stop it but I knew I will make my parent disappoint so I continued.

Sekarang saya Cuma bisa mandangin buku2 yang udah saya bongkar dari kotak, sekarang kotaknya udah ditutup lagi. Just looking down the books with no words can say. Saya udah pisahin mana buku yang mau dibaca lagi, ada Filling Management, Business English, English Conversation, Islamic Financial Management (for this book, I take it because of its thickness, sayang kalo ngga dibuka lagi). Sisanya buku-buku Akuntansi, Bisnis dan Banking masih saya pandangin. Oh I’m gonna make list book that I don’t want to read anymore, teks tebal untuk buku yg masih layak baca :

  1. Accounting Principles (Muhammad Nuh, SE. & Suhajar Wiyoto,Drs.,Ak.,CPA.,MM.)
  2. Pengantar Matematika untuk Ekonomi (Prof. H. Johannes & Budiono Sri Handoko)
  3. Studi Kelayakan Bisnis
  4. Matematika Bisnis (Jusmir Sihotang)
  5. Ilmu Ushul Fiqih (Prof. DR. Rachmat Syafe'i, MA.)
  6. Ekonomi Islam, Analisis Mikro dan Makro (Abdul Aziz)
  7. MUHAMMAD Business Strategy and Ethics (Ini mungkin saya baca2 lagi) (M. Suyanto)
  8. Akuntansi Perbankan Syariah
  9. Ekonomi Mikro Pengantar
  10. Pengantar Manajemen
  11. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan (ini buku yang paling membingungkan isinya, FOR ME) (Sofyan Syafri Harahap)
  12. Muhamad on Islamic Economic
  13. Operational Bank 2
  14. Bahasa Arab Bisnis
  15. Introductory Guide to the TOEIC TEST
  16. MODUL Microsoft office Word
  17. Syariah Operational Bank 1
  18. Akuntansi Perbankan Syariah (Dr. Muhammad , M.Ag. & Dwi Suwiknyo, SEI, MSI.)
  19. Konsep Kelembagaan Bank Syariah
  20.  BANKING and NON BANKING(Siswandi SE.MM.)
  21.  Asuransi Syariah (Saya lumayan suka buku ini, karna sering saya baca dan dibawa kemana mana jadi robek dari covernya)
  22. Islamic Financial Management 

Well done, di rak buku ada beberapa buku paket kuliah lain ukuran kecil. Cuma yang ada di list diatas ini yang bikin sedih. Ini kalo di uangkan berapa ya kira-kira ? Heheu.

Hal yang sebanyak ini bisa aja sekarang bikin saya bangga karna ngebayangin harganya yang ngga murah.

Sebelum saya memutuskan untuk menulis semua ini, pikiran saya Cuma mau menyumbangkan buku2 ini, if possible. Dan sekarang penyesalan saya resmi saya tutup haha. Mungkin ada yang menyukai buku2 akuntansi atau bahasa arab, ushul fiqih, buku bisnis, saya dengan hati bisa ngasih buku ini bagi yang memerlukan. Untuk keperluan itu bisa sms saya 0822-5113-6691, atau kirim pesan di facebook Tyas Alfisa atau mention di twitter @tysalf

Okay, have fun! Bagi yang baru lulus SMA atau yang baru naik kelas 3 SMA/sederajat, saya do’ain supaya ngga pernah menyesal seperti saya dan ngga salah pilih jurusan.