Wednesday, October 5, 2016

alat recording murah 2016

This time, i want to tell you guys what's my current recording stuff. I've been waiting for so long, to have these stuff, don't want to show off, but it might help you guys.. if you wondering what instrument or tools that i use. Jujur, lumayan lama waktunya untuk dapetin ini dan itu. Karna ini kayak niat banget ya soalnya walaupun tergolong stuff yang low budget tapi mungkin bagi sebagian besar orang masih menilai alat-alat ini tuh mahal. Jadi, buat yang belum jelas apa aja yang diperlukan untuk home recording itu bisa di liat di postingan saya sebelumnya DISINI.

  • Microphone Stand. Jadi, tahun 2012 itu saya udah mulai iseng cover-cover lagu dan upload ke Youtube. Awalnya hanya gunain handphone, waktu itu Samsung Young Duos yang layarnya super mungil. Dulu udah paling bagus tuh, di kira orang saya pake condenser mic. Sebelum mulai cover pake handphone, terlebih dahulu saya beli mic stand. Merk china gitu, saya beli di Jeremy Music (kalo nggak salah), itu tokonya di plaza Kebun Sayur, Balikpapan. Harganya Rp 150.000. Kalau mau bikin mic stand sendiri bisa liat DISINI
  • Pop Filter. Pop filternya bikin sendiri. Beli ram sulam yang diameternya paling kecil itu mungkin sekitar 5 sampe 10 ribuan. Bisa yang kayu atau yang plastik, bebas tergantung selera. Terus ntar untuk filternya bisa pake stocking 2 lapis atau busa speaker yang tipis biar bisa di jepit di ramnya. Terus untuk peyangganya gunain pipa shower. Gambar jadinya gini.

DIY pop filter

Favorite!

  • Focusrite Scarlett Solo. Ini belinya di Toko Distorsi via tokopedia. Harganya sekitar 1,4 waktu itu. Highly recommended karena banyak juga di pake sama yang professional. Ini inputnya ada 2, 1 untuk microphone, 1 untuk instrument. Kalo saya pake untuk gitar. 
  • Samson Q7. Ini belinya sama agan di OLX. Masih mulus, harga nya 300 ribu. Kalo barunya di Bhinneka.com sekitar 400-500an. Samson Q7 ini mic dynamic, bisa dipake live sama recording. Tapi di paket pembelian belum ada kabel nya, sama seperti Shure SM58. Tapi jangan bingung, dateng aja ke toko musik terdekat untuk beli kabelnya sesuai kebutuhan. Nah waktu itu saya sempat salah beli dulu micnya. Saya beli mic merk J-acoustic, miripannya sennheiser kalo nggak salah. Harganya 250 ribu, bagus untuk live tapi kalo di pake rekaman noisenya lumayan. 
  • Kabel mic XLR. Ini belinya di Galeri Musik, Balikpapan. Waktu itu stoknya habis, jadi harus dirakit dulu. Jacknya yang XLR sepasang 40 ribu, terus kabelnya saya beli 5 meter. Terus total sama jacknya sekitar 155 ribu gitu. Kabelnya noiseless, udah bagus banget. Hasilnya bisa diliat DISINI
  • Headset. Masih pake headset biasa, merk Phillips. Ini lumayan guys, murah tapi recommended. Untuk monitoring ke interface, saya juga beli converternya, harganya Rp 19.000. Di balikpapan ada, cuma pas di coba ke interface, nggak ada bunyi nya, harganya sekitar 3 ribuan. Headsetnya beli di Mataharimall.com, converternya beli di Lazada.id

Nah, that's all. Untuk instrumen saya cuma gunakan gitar akustik Cort AF510E. Good price, good quality, walaupun pickupnya bukan Fishman tapi recommended untuk low end guitar. Harganya pas beli 2,3 juta.. padahal besoknya di Gramedia langsung ready stock + discount 20%. Huhu, but it's okay. Kalo laptop pake yang spek biasa saja, Asus X200MA, harganya dulu 3,2 juta. Kalau video dari dulu saya gonta ganti kamera. Dari kamera digital Canon SX210 IS, Nikon P510, Samsung WB150F, pake kamera handphone juga pernah, sekarang saya pake Xiaomi Redmi 3, terus kalo kamera sekarang pake Nikon S9900, harganya sekarang 4,3 juta. Btw, Nikon S9900 masuk ke daftar the best tilting/swivel LCD camera 2016! Highly recommended buat youtubers atau vloggers. Reviewnya bisa diliat DISINI. Pembelian bisa ke SINI. Camera stand saya pakai dua jenis. Gurita pod sama tripod. Kalo tripod udah lama punya, Gorilla pod bisa beli di Tokocamzone via Lazada.