Search This Blog

Wednesday, November 16, 2016

Mic Condenser Murah Terbaik 2016 2017

Hai, kali ini saya mau review sedikit soal mikrofon condenser murah. Kalau kamu lagi nyari mikrofon yang nggak terlalu mahal dan nggak terlalu gengsi sama merk/brandnya, mikrofon ini bisa jadi pertimbangan. Ada banyak mic condenser murah yang beredar di pasaran sekarang, tidak selangka dulu ya. Dulu, waktu baru awal-awal hobi recording, belinya mic Samson. Itu juga udah paling bersahabat harganya dan mudah di dapat di Indonesia. Tapi karna dulu belum punya audio interface/soundcard, jadi beli micnya yang USB, which is harganya lebih mahal daripada yang connectornya XLR. But, setiap jenis mic punya plus dan minus masing-masing.

Nah, sebelum masuk ke review Excelvan BM-8000, saya mau kasih tau dulu mic apa aja yang pernah saya compare sebelum akhirnya memilih yang ini. (Emang mic Samsonnya kemana?) *Udah pada dijual, karena alasan yang sedemikian rupa* FYI, dulu saya pernah punya Samson Go Mic (mic sejuta umat), Samson C03U, itu dua-duanya USB mic, terus sold dan beli Go mic lagi, yang mana pada akhirnya dijual kembali karena ingin upgrade. Sempat ingin berenti pake mic condenser, karena terlalu banyak bunyi-bunyian disekitar rumah saya. Tapi bukan itu masalah utamanya, masalahnya, saya kepengen punya audio interface, biar micnya bisa pake yang apa aja. Dynamic atau condenser, flexible, tergantung keadaan dan tujuan. So, itu sekilas ceritanya.

Jadi, sekitar 2 minggu lalu saya order Excelvan Bm-8000 di Lazada. Ada 4 pilihan warna : biru muda, putih, hitam, pink. Saya juga pernah lihat yang warna merah di beberapa review di youtube. Tapi, saya pesan yang warna putih, Harganya Rp. 316.000. Karena pengiriman dari LN alias luar negeri, yaitu China *saya lupa kotanya apa* butuh waktu 11 hari hingga sampai di tangan saya. 

UNBOXING
Dalam paket pembelian, akan ada 1 buah condenser microphone, 1 kabel mic, shockmount, pop filter, 3.5 mm jack to USB converter, sama buku manual bahasa Inggris & China. 







Bagian favorit saya *shockmount* , karena ini kalau beli terpisah harganya mahal.


worth it



DESAIN
Desain BM-8000 ini mirip sama mic Bluebird milik Blue, kalau kalian sudah pernah liat. Memang agak aneh bentuknya, tapi lucu. Ini bukan mic dengan bentuk teraneh, ada lagi yang lebih aneh. Kayak Meteor Micnya Samson atau Blue Yeti mic. BM-8000 bahannya baja + campuran zinc (seng), kurang ngerti bagian yang ini, tapi tertulis seperti itu di spesifikasinya. Shockmount saya kira sama seperti shockmount lainnya, pop filter mirip dengan milik Bluebird.


Mirip 'kan?

SPESIFIKASI
Brand : Excelvan
Polar Pattern : Uni-directional
Frequency Response : 20Hz-20kHz
Sensitivity:45dB±2dB(0dB=1VtPa at 1kHz)
Output Lmpedance:≥1000Ω
Equivalent noise level:16dBA

Max,SPL:130dB(at 1kHz≤1% T.H.D)

S/N Ratio :78dB

Electrical current :3mA

Microphone output interface : 3.5mm

Use of voltage : 48V phantom power supply
Wire : 3.5 inserted audio interface, 285cm(9.35ft)
Size : L*W(19cm*5/7.48inches*1.97)
Microphone Material :  Steel net + Zinc alloy hand holding part


HASIL TEST
Saya pakai Focusrite solo untuk mic ini yang memiliki phantom power. Sebelumnya saya pernah pakai interface Behringer UM2, itu juga ada phantom powernya, reviewnya bisa di lihat DISINI. Jadi, kalau kalian ingin menggunakan atau membeli mic ini, pastikan soundcard kalian memiliki tegangan yang cukup/phantom power. Berikut hasil tes yang saya ambil di malam hari.


Tidak di edit :



Tanpa noise (di edit) :

PENILAIAN

Kelebihan :
o Murah, dengan pop filter & shockmount
o Frequency response nya bagus
o Good quality
o Desain unik
o Banyak pilihan warna *:D*

Kekurangan :
o Untuk sebagian orang, pop filternya kurang lebar
o Kabel XLR tidak bisa masuk sempurna, tapi tidak masalah, mic tetap tersambung sempurna


Kalian bisa klik link ini untuk informasi harga. EXCELVAN BM-8000 LAZADASaya kurang tau kenapa harganya beda-beda. Untuk lihat harga normal bisa cek di ebay atau amazon. That's all guys, thanks for visiting :) Jangan lupa main balik ya kapan-kapan. Have a nice day!