Monday, February 20, 2017

Are You Introvert ? #22

Berhubung sebentar lagi aku masuk ke usia 23 dan berhubung waktu umur 22 ini aku nggak posting apa-apa yang berkaitan sama perkembangan diri dan sebagainya. Karena 2016 memang tahun yang mulus, lancar jaya, dan juga aku nggak kerja. Tingkat stress kurang, terus kegiatan di luar juga nggak banyak. Jadinya, nggak gitu banyak progressnya. Ada sih progress di beberapa point, but it's not very huge, i guess. Jadi sekarang lagi pengen share tentang karakter diri. Pasti pernah denger Introvert dan Ekstrovert, kan? Nah tapi karena aku Introvert, jadi cuma bahas yang ini aja ya. 

Awal tahun ini aku kepikiran buat ambil tes kepribadian MBTI. MBTI itu singkatan dari Myers-Birggs Type Indicator. Keseluruhannya ada 16 tipe kepribadian. 8 tipe ekstrovert, 8 tipe introvert. Bagi kamu yang belum tau kamu itu introvert atau ekstrovert, simply just take a test. Aku sendiri udah sering nyoba tes online yang gratis, biasanya cuma dengan jawab pertanyaan atau milih pernyataan yang mendekati karakter kamu. Anak kuliahan udah pasti tau lah ya yang gini-gini. 

Aku iseng googling, kebetulan ketemu 22 tanda yang membantumu mengetahui ciri-ciri introvert. Aku kasih sign  kalo itu beneran ada di aku. Ini aku dapat dari www.brilio.net :
  1. Kamu nggak nyaman dengan obrolan kecil 
  2. Benci tak benci dengan ponsel 
  3. Penuh pertimbangan dalam membalas pesan singkat 
  4. Kamu stres saat dalam situasi ramai 
  5. Selektif dalam pergaulan 
  6. Pilih nongkrong sama sebagian kecil orang
  7. Kamu sangat jeli dan mengingat sekitarmu 
  8. Hatimu hanya terbuka bagi orang tertentu 
  9. Kamu kreatif 
  10. Pendengar yang baik 
  11. Kamu selalu introspeksi 
  12. Berpikir sebelum berdebat 
  13. Bikin orang lain salah paham 
  14. Kamu menikmati waktu sendirian 
  15. Kamu jarang bosan 
  16. Kamu nggak mudah percaya sama orang lain 
  17. Sedikit galak 
  18. Kamu lebih nyaman mengekspresikan diri dengan menulis 
  19. Kamu penganalisis karakter yang baik
  20. Pengambil keputusan yang bijak 
  21. Kamu sering dibilang misterius 
  22. Kamu adalah teman yang loyal
Dari 22 tanda itu, ada 5 poin yang aku kurang yakin seberapa besar ada di aku. Tapi sudah jelas pasti aku introvert. Tahun 2011 itu pertama kali aku tau tentang ini. Dan hasilnya introvert. Nah sekarang tuh baru sadar and baru pengen tes lagi yang lebih detail. Di MBTI tadi kan ada 8 tipe introvert. 

Ini aku ambil contoh yang unik.

Dari beberapa kali tes, hasil tesku berubah-ubah dari INTP ke INTJ, terus INTP lagi dan INTJ lagi. Nah dari pengalaman itu, aku anggap kalau karakter P dan J yang berarti dimensi pola hidup itu bisa aja bergantian untuk 1 orang. Kalau ambil tes berbayar pasti lebih akurat. Dan ini aku barusan tes lagi dan hasilnya INTJ. Entah kenapa aku lebih senang kalo hasil yang keluar itu adalah INTP.

My test february, 20th 2017
Bagiku, tau karakter sendiri itu penting. Buat ngembangin atau mungkin malah mau mengubah hal-hal apa yang perlu di ubah didalam diri sendiri. Diluar daripada itu semua, i'm grateful to be a human. The most perfect living things in the world.

Here, bagi yang mau tes, bisa coba disini : Tes MBTI Indonesia