Search This Blog

Tuesday, August 8, 2017

Behringer Uphoria UM2 VS Focusrite Scarlett Solo

Saya akan review soundcard atau audio interface Behringer Uphoria UM2 yang beberapa waktu lalu kembali saya beli. Pertama kali saya pakai UM2 ini di tahun 2015 lalu saya jual untuk 'upgrade' ke Focusrite Scarlett yang Solo, but saya balik lagi ke UM2 karena apa ? Nanti dibawah saya jelasin deh. Kali ini saya akan bandingkan dengan Scarlett Solo.

UM2 ini saya beli di tokopedia, nama tokonya Maniac Musik, harganya sekitar 750 ribuan, plus ongkir ke Kalimantan Timur totalnya 789.000. Untuk alat musik/recording yang kecil selain Gitar biasanya aku cari nya online karena biasanya lebih murah. Di Balikpapan bisa dibilang harganya lumayan mahal. Tapi bagi yang tinggal di Balikpapan dan sekitarnya, saya rekomendasikan ke Galeri Musik atau Gramedia. Di Gramedia cukup sering ngasih diskon. 

UM2 ini packagenya sama dengan UM2 yang saya beli 2 tahun lalu. Kualitasnya outputnya 11/12 dengan scarlett solo. Menurut saya, cuma materialnya aja yang beda. Kalo kualitas beda tipis, saya rasa ini ideal banget untuk saya. Bahannya plastik jadi nggak khawatir kegores dan lebih ringan. Fitur di body nya juga kurang lebih sama scarlett solo. Ada output gain di masing2 channel, input headphone, dll. Bisa dilihat di foto. 

Oh iya perbedaan kelengkapan yang kita dapat dari masing masing soundcard adalah kalau di dus behringer kita bakal dapat kertas/buku panduan, kabel data, soundcardnya, sama sticker behringer warna kuning. Sedangkan di scarlett solo cuma ada panduan, kabel usb sama soundcard.

Harga:
Focusrite Scarlett Solo sekitar Rp 1.350.000 ke atas
Behringer Uphoria UM2 sekitar Rp 750.000 ke atas

Kesamaan dari kedua soundcard:
  • Memiliki 2 input (microphone/line XLR, instrument 6,5 mm)
  • Memiliki phantom power 48V switcher 
  • Input dan output gain control tubes
  • Input headphone
  • LED indicator 
  • Line output di bagian belakang body
Penilaian:
UM2 lebih murah 500 ribu dari scarlett solo
Kualitas kurang lebih sama
UM2 memiliki bobot lebih ringan
UM2 harganya lebih bersahabat untuk yang pengen bikin diy studio di kamar :)