Thursday, March 15, 2018

Tutorial Edit Vokal Untuk Cover (Simple)

Hai! Long time no see post (about how-to). Sekarang saya pengen share tentang gimana caranya saya bikin cover di YouTube dan Soundcloud, juga di Instagram. Karena sering dapat pertanyaan seputar hal teknis dalam membuat cover, saya mutusin untuk nulis detailnya disini ya. Di YouTube tuh banyak banget, sangat banyak! video tutorial how to get great vocal, how to edit vocal, how to get HD quality cover, etc. Dan saya sederhanakan seperti dibawah ini nanti. Mungkin nggak semuanya, tapi kalau untuk cover saja, cara yang saya berikan ini sudah cukup. Beda halnya kalau temen-temen mau yang sound like a pro. Disini nanti kalian bisa baca pelan-pelan dan langsung mempraktekan gimana caranya rekaman amatir ala saya. Yang bener-bener nol budget. Gak mahal, gak ribet. Yang ribet itu saya, yang merangkum jadi satu dan menyederhanakan dari sekian banyak tutorial yang saya baca/tonton.

Gear & Software
Biasanya saya selalu mencantumkan gear dan software apa yang saya pakai di video cover. Dan Alhamdulillah, alat-alat yang saya pakai dan juga software nya selalu berkembang/berubah ubah sesuai kebutuhan. Tapi mostly, saya pakai punya saya pribadi. Nggak nyewa studio atau pinjem temen. Jadi saya lumayan hafal nama-nama gear yang saya pakai dan saya selalu rekomendasikan yang menurut saya pas.

Ini list gear yang pernah saya pakai :
Guitar : Cort AF510E, Cort L300VF (tidak ada di channel saya), Cort AF510M, Anderson AFE12N 1/2, Fender Stratocaster Pink Custom. Sekarang saya pakai Telecaster Cabronita Custom, tapi belum buat cover.

Microphone : Samson Go, Samson C03U, Excelvan BM-8000, Taffware BM-800, Shure Beta A58 (KW).

Audio Interface/Soundcard : Focusrite Scarlett Solo, Behringer U-Phoria UM2.

Camera : Xiaomi Redmi Series (saya lupa. saya selalu ganti2 kamera, dari Xiaomi keluaran pertama sampai saat ini saya pakai Redmi 5A). Kamera pernah pake Nikon P520, Nikon 9900, sekarang pakai Sony HX90V.

Audio : WavePad, MixPad, Adobe Audition 1.5, Adobe Audition CS5, Adobe Audition CC.

Beatmaker : MuLab

Video : VideoPad, AVS Video Editor, Wondershare Filmora, Sony Vegas Pro.

Saya tidak pernah menyesal membeli dan mencoba semua peralatan yang saya punya. So, it means.. semua yang pernah saya pakai, itu bagus. Sesuai kebutuhan. Semua barang yang ada di dunia ini bagus, JIKA sesuai kebutuhan. Dalam hal rekaman, lebih tepatnya, audio interface. Banyak banget yang nanya “kak, soundcardnya apa?” Dan saya selalu menjawab 2, focusrite solo & behringer um2. Karena saya cuma pernah pake 2 merk itu saja. I think behringer um2 is the best budget soundcard now. ‘Cause i did a research before LOL. Always do.

Soundcard dan Mic, 2 benda yang sering dipertanyakan. Karena TBH, harganya sama-sama nggak becanda. Kalo cewek mungkin mikir ya beli soundcard apa beli tas or baju or makeup. But i don’t think twice for what i like. Malah kebalikannya. Saya mikir berapa kali kalo mau beli tas, makeup, or the other girls’ things. Saya lebih tertarik ke buku-buku, alat musik, dan SENDAL. Yassss, I’m a sandal gvrl. Anyone here the same ? 

OK, langsung liat tutorial di bawah ini ya. Thanks for staying here. Have a fun recording!

Disclaimer : Perlu diperhatikan tutorial di bawah ini murni hasil percobaan saya pribadi. Saya belum professional di bidang ini, *amateur. Jadi, benar apa belum langkah-langkah saya mohon di maklumi. I’m still learning tho.

ADOBE AUDITION CS5 

  • Buka Adobe Audition
  • Klik Multitrack > Template (Sesuai Kebutuhan)
  • Atur input dan outputnya
  • Setelah itu, tes dulu apakah suara mic dan instrumen sudah masuk. Kalau sudah, ready to record.
  • Setelah take instrumen dan vokal selesai, aktifkan efek di rak efek
  • Pilih Special > Mastering
  • Nah untuk bagian ini optional. Bisa mainkan sesuai selera dan kebutuhan. Geser-geser aja sampe kedengeran enak di telinga, di headset, di speaker, di rumah tetangga
  • Selanjutnya, biasanya saya tambahin efek lagi. Klik 2 kali di audio yang sudah di rekam tadi. 
  • Tahan tombol Alt+A 
  • Ke Effects Filter & EQ > Parametic Equalizer > Vocal Enhancer

  • Dah itu aja. Untuk efek lainnya, bisa kalian coba sendiri yaa... Selamat berkarya ;)

No comments:

Post a Comment