Sunday, May 13, 2018

Biaya Hidup di Balikpapan 2018

So, this time i want to share about living cost in Balikpapan. FYI, i don't live with my mom anymore so, that's why i want to give a detail for you who want to live here as an employee or student. Tapi bukan untuk kos-kosan. Karna saya belum pernah ngekos sebelumnya.

So i rent a house with 1 bedroom, 1 bathroom, a kitchen, terrace (teras). Jadi saya nyewa 1 rumah. Itu seperti rumah susun tapi cuma 2 lantai. Di lantai 1 ada 6 rumah, di lantai atas 6 rumah. Dan bayarnya perbulan. 

Lokasi rumah saya itu di tengah kota banget. Jadi, strategis mau kemana aja gitu, terjangkau dan mudah. Walau agak sulit karna untuk di daerah Balikpapan Tengah kebanyakan rumah itu masuk ke dalam gang kecil, ada juga gang yang besar tapi mostly kecil. So, kalau misalnya kita lebih sering bepergian menggunakan transportasi umum kayak angkot or taksi, harus extra power jalan kaki ke rumah yang medannya itu biasanya nanjak. Tapi, kalau yang udah hafal gimana Balikpapan yang literally emang banyak gunungnya, ya pasti akan terbiasa. 

Kenapa rumah sewa bukan kos ?
Karena barang saya lumayan banyak dan saya lebih suka kalau punya privasi sendiri contohnya saat masak. Karna kalau kos, otomatis dapurnya dan kadang toiletnya sharing gitu. That's it.

Saya sudah tinggal sendiri sekitar 6 bulan. Perbulannya itu untuk rumahnya sendiri Rp 1.000.000 sudah include air. Listriknya beli token sendiri biasanya habis 200-250 ribu/bulan. Fyi, alat elektronik yang saya pakai antara lain kulkas, mesin cuci, laptop, hp, kipas angin, setrika dan lampu. TV ada, tapi rusak. Jadi lebih banyak pake listrik untuk ngecharge.

Untuk biaya makan, bensin dan lainnya saya ga tentu. Fixed expense cuma di rent fee sama listrik. 
Kalo untuk makan biasanya saya cuma beli ikan 1 kg misalnya 30 ribu itu untuk 3 hari sisanya bisa telur, bisa yang lain.

Jadi kalo 1 bulan 4x beli ikan habisnya 120 ribu.
Biasanya di awal bulan saya juga beli beras 5 kg itu kira2 65 ribu.
Air galon 5 ribu, biasanya isi 2-3 kali aja sebulan. 
Bensin 1 bulan kira2 100 ribu (murah amat aha)
Kuota data 1 bulan kira2 100 ribu.
Dan lainnya depends sama kebutuhan sih.

Untuk bensin dan makan siang saya di tanggung perusahaan jadi lebih ringan.

So, that's all i guess. Untuk fixed expense per month totalnya adalah Rp 1.600.000,00
Wow!

Okay, that's it. Life is a struggle guys. Enjoy that

No comments:

Post a Comment