Wednesday, July 31, 2019

Akhirnya Manggung..

Lumayan lama nggak perbaruin entri di blog, padahal berapa minggu terakhir udah resmi nganggur. Tapi skip aja cerita kenapa dan gimana bisa jadi penganggurannya ya ? Menurutku, itu bukan hal tabu lagi bukan ?

Aku inget banget 2 tahun lalu pas sebelum aktif kerja, aku sering nonton konser orang atau nggak sengaja liat event musik di mall/di suatu tempat gitu. Emang belum pernah mikirin gimana proses di belakang event itu sendiri, tapi seringkali tercetus di kepalaku kalimat-kalimat seperti ini :

"Keren ya mereka", sembari memperhatikan aksi panggung si bintang tamu dengan seksama. #tsah kayak nulis novel aja sekarang bahasaku -_-

atau 

"Pengen deh nanti suatu saat nyanyi atau jadi opening suatu band gitu".

dengan sambungan 

"....pastikan musisi/band lokal yang bakalan di undang, ya kan?"

Dengan gampilnya tercetus kalimat dan keinginan kayak gitu. Karna ya emang aku nggak tau apa-apa soal manggung. Persiapannya juga aku buta sama sekali. Yang aku tau, aku bisa main gitar, aku bisa nyanyiin lagu orang dan well done! Tapi ternyata aku SALAH.

***
(bah ini ciri khas cerpen banget nih bintang 3 kali)

2 tahun berlalu, aku sibuk sama kerja, sesekali upload cover lagu di Youtube sama Instagram, lumayan naik juga profile visit ku. Maklum, penasaran gimana rasanya di tengok banyak orang. Aku juga mulai menyelesaikan lagu-lagu yang sebelumnya aku tulis tapi masih gantung. Aku coba untuk mengurutkan dari yang awalnya cuma dapat chorus jadi ada versenya atau sebaliknya, sampai akhirnya lengkap.

Di akhir 2017 aku dikasih kesempatan untuk kenal sama kak Enkga. Nah dia itu yang mengenalkan aku ke Boardlab. Studio. Merupakan studio rekaman tapi nggak terbuka untuk umum. Nggak tau kapan bukanya, yang jelas sampai sekarang, cuma dibuka untuk sekitaran kenalan mereka aja. Singkat cerita, aku kasih tau mereka kalo aku punya beberapa demo lagu dan salah satunya yang berhasil di rekam dan di rilis itu 'If I Knew'. Setelah perilisan bulan Januari 2018 itu. aku di undang di perilisan EP nya Irine Sugiarto. Sempat juga promo di radio sekalian sama promo lagu featuring talentnya BDB. Bisa dibilang sedikit aja sih manggungnya.

Tahun 2019 ini lumayan, udah 3 kali manggung bawain lagu sendiri. Keren aja gitu kalo punya jadwal manggung hihi.


  • Record Store Day Balikpapan - April 2019
  • Talkshow Music at Damang Cafe - Juli 2019
  • Resya Arva's EP Launching - Juli 2019
  • Urban Scape at Lay's - August 2019


Ini ada dokumentasi pas jadi opening di perilisan EP Resya kemarin. FYI, Resya ini musisi lokal Balikpapan yang sekarang lagi menempuh studi S1 di UPN Veteran. Kebetulan lagi libur semester, dia punya ide untuk bikin lagu dan jadilah EP dia yang berjudul "Semester Break". Salut banget sama anak muda satu ini. Umurnya baru 18 tahun udah punya karya dan udah berani ngadain acara rilisan. Salut!

Tyas Alfisa performing at Resya Arva's EP Launching




at Klandasan Coffee

No comments:

Post a Comment