Thursday, May 14, 2020

alat rekaman tyas alfisa, apa aja ?

mungkin ada beberapa orang (unknown) yang liat video ku dari youtube atau instagram yang tanya "kak, pake soundcard apa?" atau "kak gitarnya apa?, micnya apa?" dll. nah, aku kadang bosen ditanya itu terus. jadi, daripada ntar aku harus ngelist/ngejawab pertanyaan mereka tapi kayak gantung gitu atau nggak detail, jadi aku mau bikin review/tulisan gini biar lebih lengkap. we'll see kalau nanti perlu bikin video nya juga. semoga membantu.
as you can see (atau nggak), toolsku berubah-berubah, terutama gitar karena selalu nyoba gitar low end jadinya mungkin belum sreg. terus mikrofon lumayan sering juga ganti. yang unik cuma soundcard. pertama kali aku punya behringer um2 lalu focusrite scarlett solo lalu behringer um2 lagi wkk. selain karna waktu itu butuh uang, aku ternyata lebih pede dan lebih maksimal kalo barangnya lebih murah dan materialnya 'ramah lingkungan'. ya mungkin pada tau kalo material um2 itu plastik bukan aluminium.

well, ini list alat rekaman aku terupdate dan mungkin akan seper  ,  x    ,,c g    s   cx  xti ini beberapa waktu berikutnya, karna menurutku ini udah cukup untuk home recording.

  1. soundcard / audio interface > behringer um2
  2. mikrofon > bm700 (condenser) & behringer xm8500 (dynamic)
  3. gitar > cort earth 50
  4. headphone > behringer hpm1000
  5. laptop > lenovo s130 (ram 4gb, SSD 128gb)
  6. aksesoris lainnya (shockmount, stand gitar, stand mic) aku beli online, murah, merknya nggak tau apa
  7. kabel gitar (belum punya, masih pake punya temen planet waves gold plated, tipenya nggak tau)
  8. kabel mic (beli rakitan di toko musik deket rumah) 
  9. headset > edifier h185 (kadang aku pake buat mixing karna cenderung flat)
  10. speaker > belum ada, nanti mungkin karna sekarang belum mampu dan belum perlu banget
sepertinya itu udah semua ya diatas. next aku mungkin ngasitau gimana cara mixingku yang cukup sembarangan-asal enak didenger itu. dan iya, software yang pake crack (yang jujur, bikin nggak pede sepanjang masa). 

anyway, thanks for stopping by, have a nice day.

No comments:

Post a Comment