Wednesday, March 29, 2023

Cort Earth 50, Martin Dr. Junior Versi Budget Friendly

Alasan Pilih Cort Earth 50

Sekedar untuk jadi history, berikut adalah alasan kenapa saya beli Cort Earth 50. Pertama karna saya cari gitar yang ukurannya pas dengan badan dan harganya sesuai kantong. Waktu itu pertama kali liat online di tahun 2017 akhir. Cuplikan pameran NAMM waktu itu ada si Earth 50 ini, 7/8 shorter scale, dreadnought, just acoustic, simple. Waktu itu sempat inden 1 bulan di MG Music dan setelah itu ada kesalahan instalasi pickup (saya minta tolong temen yang bukan ahlinya). Alhasil saya bawa ke Arch Guitars dan setelah itu saya jual, lalu saya beli lagi yang secondnya via bukalapak, tentu masih belum ada pickupnya/masih bawaan pabrik. 

Kalau dibilang rugi, ya nggak terlalu karna replaced with the same series and type. Alasan kedua adalah karna saya naksir berat sama Martin Dreadnought Junior. Tapi karna keterbatasan dana dan saya waktu itu baru banget pindah ngontrak sendiri, cari alternatifnya dan ketemunya Earth 50. Di rilis tahun 2018 dan saya langsung beli di tahun itu juga. Kata orang MG Music barangnya nggak banyak, karna barang pameran. But idk. Maybe memang sedikit. Di e-commerce juga nggak banyak wara wiri iklannya.

Alasan ketiga, karna seri earth adalah seri yang lumayan, top solid dan made in china.

Akhirnya, nggak kerasa udah hampir 5 tahun pake Earth 50, gitar akustik yang paling lama ada di kamar nih. Udah beberapa kali juga keluar manggung dan hasilin cuan serta melahirkan lagu-lagu ori banyak dari gitar ini. Historical. Yang masih PR, nyari gigbag yang fit, karna di paket penjualan nggak dapet free case/gigbag. Ukurannya yang 7/8 bikin tricky kalo cari yang bener-bener pas. 

Kalo nggak salah udah 5 kali gonta ganti. Pembelian secondnya bonus hardcase, saya jual HC nya. Terus beli gigbag lokal 2 kali, gigbag creators, semi hardcase second punya The Tric, dan sekarang cuma punya softcase 50 ribuan beli di toko musik lokal. Tipis amat, kayak softcase anjay. 

Perbandingan ukuran (P x L x T)

99.06 x 37.5 x 10.8 cm Cort Earth 50 (Left)
94 x 36 x 11.2 cm Martin Dreadnought Junior (Right)

No comments:

Post a Comment