Wednesday, February 19, 2014

Farnley Tyas & Middleton Tyas

Belum lama ini saya iseng search nama belakang yang cocok untuk gantiin Alfisa atau yang cocok dengan nama Tyas. Dalam hati saya, gimana kalo Tyas Rhodes ? Saya sering baca atau dengar nama Ben Rhodes yang ternyata setelah browsing, saya baru tau kalau Ben Rhodes atau Benjamin J. Rhodes itu Speechwriter. Wow, coincidental. Saya kan juga penulis *muahaha* Tapi karena saya minder jadi yaudah saya lanjutin cari nama lain dengan nama depan Tyas. Dari hasil pencarian muncul nama Famley Tyas yang ternyata adalah FARNLEY Tyas, bukan FAMLEY Tyas. *Sepertinya minus & silinder mata saya perlu diperhatikan nih!*

Penasaran belum habis! Keep searching.. Ternyata ada 2 desa kecil di kota Yorkshire yang berakhiran nama Tyas. Wow, akhirnya saya dapat juga sesuatu yang unik ini. Excited banget pengin nejermahin ke bahasa Indonesia dan posting ke blog, tapi saya ketiduran waktu itu sampe jam 9 malem! Gara-gara kecapekan jalan mungkin. Jadilah malam ini saya rampungkan hehe.

Lagu SHINee - Dream Girl cukuplah menemani saya menulis tentang desa buatan saya ini *eh.
Farnley Tyas (wikipedia)
Farnley Tyas 
http://www.huddersfieldfoodguide.co.uk
Excited banget pasti kan buat semua yang punya nama Tyas. Jadi, Farnley Tyas itu adalah nama sebuah desa kecil di bagian barat Yorkshire, Inggris. Berjarak sekitar 3 miles (4.5 km) sebelah tenggara Huddersfield. Tempatnya ada di puncak bukit antara Almondbury, Castle Hill, Thurstonland & Honley. Disana tuh latarnya pedesaan dan sawah-sawah, pertanian gitu dengan perumahan swasta dan beberapa perumahan sosial otoritas lokal. 

http://media-cdn.tripadvisor.com
Disana ada penginapan, namanya Golden Cock Inn. Karena saya belum pernah kesana (ngarep banget) jadi saya ambil fotonya dari internet aja *random. Di farnley tyas ada juga klub bowling, lapangan olahraga kecil & gereja St. Lucius. 2 gambar ini adalah gambar Golden Cock Inn.

History of Farnley Tyas
Daerah kota Farnley Tyas  dulunya adalah township/kotapraja (pembagian daerah administratif) di tahun 1894. Pertama kali disebutkan di buku Domesday tahun 1086, yang kemudian disebut Fereleia. Tyas sendiri adalah nama keluarga dari le Tyeis yang memegang lahan/tanah tetangga dari abad ke-13 *wow

Sebenarnya masih ada lagi ekstrak dari Pigot dan Co Komersial Nasional, tapi saya sendiri masih belum ngerti hehe. Jadi cuma bisa segini tentang Farnley Tyas. 

Middleton Tyas

Nah, kalo tadi Farnley adalah kotapraja dibagian barat Yorkshire.. Middleton Tyas adalah desa paroki (hasil pembagian daerah) di bagian utara Yorkshire, tepatnya di Richmondshire. Masih di Inggris juga pastinya. 

The Shoulder of Mutton (Pub)
Nama Middleton Tyas asalnya dari Anglo-Saxon *hah? Yang artinya middle-farm atau middle settlement. Tyas adalah family name Norman tapi nggak ada bukti kuat bahwa Tyasa dulu adalah nama milik keluarga itu.

Ada satu pub di desa : The Shoulder of Mutton ,ada juga The Scotch Corner Hotel di bundaran terkenal. Ini penampakannya, results via google.

Hal yang saya suka dari 2 desa ini adalah arsitektur bangunannya, saya nggak tau banyak tentang kearsitekturan, tapi mungkin bangunan dan perumahan disana memakai gaya arsitektur Roma. Mungkin rumah-rumah Inggris bergaya hampir sama semua. Yang jelas saya menyukai 2 desa ini walaupun kelihatannya hampir seluruh desa adalah perkebunan dan sawah, good place untuk bikin video klip hehe *eh -_- Satu lagi, saya bangga kalau nama saya Tyas ternyata ada sejarahnya hihi. Walaupun kenyataannya Tyas jelas-jelas nama orang Jawa. Tetap bangga lah ^_^ Sejak saya tau kalau di Yorkshire ada tempat bagus yaitu 2 tempat ini, saya putuskan untuk memasukkan kota Yorkshire ke dalam daftar places to be visiting.

No comments:

Post a Comment