Friday, November 23, 2018

My Recording Kit

Seringkali aku diminta untuk review apa aja alat yang aku pakai buat rekaman ala kadar buat di Youtube. Jujur aja, aku udah lama break, mungkin setahunan. Aku udah mulai collect barang-barang ini dari tahun 2014 tapi ganti-ganti terus, begitu terus sampai mungkin kali ini udah fix ngga akan gonta-ganti lagi. Karna emang awalnya ngga tau kan mana yang bener-bener pas dan dibutuhkan. Nanti juga bakalan aku kasitau DAW dan aplikasi apa aja yang pernah aku gunain. Plus harga-harganya. Semoga membantu ya!
What's in that box ?
Microphone aku beli di Lazada yang dari Tiongkok, sebenarnya ada yang dari Indonesia. Tapi aku belum pernah beli, dari BM8000, BM800, sampai BM700 selalu yang langsung dari sananya. Harganya juga lebih mahal dikit, tapi materialnya bagus. Aku ngga tau perbedaannya, mungkin ada yang punya sama ?

XLR Cable nya udah lama aku beli di toko musik dekat rumah. Sengaja custom soalnya pake yang bawaan dulu, noisenya banyak. Ngga tau masalah kabel atau iya, setelah diganti, masalahnya kelar.

Shockmount. Nah ini, biasanya paket microphone jenis BM ini nyertain shockmount besi yang mahal itu. Tapi terakhir kali beli kok ngga ada shockmountnya, jadilah cari promo lagi di Lazada ketemu yang itu, materialnya plastik tapi kuat. Harganya 20 ribu, ongkir 20 ribu.

Soundcard. Ini yang paling sering ditanyain orang ke aku. Sejauh ini, setelah pake 2 jenis. Aku kembali memilih behringer, karena sesuai kebutuhan. Focusrite solo sepertinya kemahalan buat dipake Tyas. Materialnya plastik tapi nggak cemas naro dimana mana. Kalo focusrite disayang2 banget dah.

Camera. Alhamdulillah rejeki pemimpi. Dapat kamera asli Jepang, notanya Jepang. Made in Japan. Walaupun second, berbekal keyakinan dan pengalaman belanja online (sampe di ejekin belanja online mulu!), dapet kamera yang di mau selama ini. Canon G10, bentar lagi bisa dibilang legendaris karena umurnya sudah 10 tahun sejak produknya dirilis.

Audio Software
Software rekamannya aku pake Adobe Audition CC. Kalo buat beat pake LMMS, MuLab, Stagelight, tapi itu ngga selalu dipake. Stagelight keren, ada Linkin Park editionnya dan pernah di presentasi Mike di Stagelight Mentor Session sama Lauren Dair. Aku tau Stagelight dari Lil Doctor BDB. Sesama fans beratnya LP, excited banget waktu installing app ini. Visualnya keren. Aku sih, semua DAW keren. Cuma ya itu, kenapa belum pake Fruity Loops yang awam dipake Youtuber karna device yang belum memadai. So, Adobe Audition cukup untuk aku yang cuma ngegunain fitur-fitur basic dan mudah banget dipakai. Ada nih software legendaris yang pertama kali aku pake Cool Edit Pro sama Wavepad & Mixpad NCH Software. 

Video Editor
Kalau untuk video editing sekarang aku pakai Sony Vegas Pro 12. Kalo dulunya pernah pake Videopad NCH Software, AVS video editor sama Filmora. Hanya saja, Filmora agak susah ngatur menit dan detiknya. AVS lumayan bagus dan lumayan lama saya pake, nggak tau kenapa mau ganti editor aja waktu itu. 

Laptop
Kalau laptop aku pake Asus A43S, processor Intel Core i3-2310M, 2.1 GHz, RAM 4GB, Win 7.

Hmm, sepertinya itu saja ya ? Kalau ada yang mau tanya silahkan. Di instagram juga boleh > @tyasalfisa Oh iya guys, jangan lupa pantau terus channel aku ya, siapa tau aku lagi nggak mager dan bikin cover baru ^^ Jangan lupa Subscribe juga ya! :D Kalau mau request lagu, silahkan komentar disana, freeee!



No comments:

Post a Comment